Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Simpel Mengambil - Membuat Benih Bayam

Bayam adalah sayuran yang biasa ditanam didaerah yang beriklim sedang ataupun tropis, sayuran ini berasal dari belahan benua Amerika yang beriklim tropis dan sekarang telah tersebar keseluruh dunia, di Indonesia bayam sering di gunakan sebagai bahan utama untuk sayur. Kandungan zat besi dalam daun bayam sangat tinggi jika dibanding daun sayuran lain.

Untuk pembenihan ambilah benih dari varietas bayam favorit Anda yang memungkinkan Anda untuk menanamnya setiap tahun tanpa biaya pembelian stok bibit baru. Biji dapat diambil dari bayam tua yang ditanam 2-3 bulan sampai menghasilkan bunga dan biji.

Cara Mengambil dan Menyimpan Bibit Bayam
  1. Pertama-tama siram dan rawat tanaman bayam seperti biasa, Hentikan penyiraman begitu bayam telah berbunga dan bunganya mulai layu.
  2. Potong tangkai bunga di pangkal tanaman. Simpan di kertas koran atau bisa juga dimasukan/bungkus kertas dan tempatkan di ruang yang hangat, kering dan biarkan mengering selama tiga sampai lima hari.
  3. Pisahkan biji dari tangkai bunga dan tempatkan benih di mangkuk. Anda bisa menggunakan sarung tangan saat menanggalkan biji karena beberapa varietas bayam memiliki batang yang berduri dan pelapis biji.
  4. Jika hari penanaman masih lama, tempatkan benih dalam botol atau toples. Tandai botol atau toples dengan tulisan berdasarkan jenis bayam dan bulan/tahun panen, lalu tutup. Simpanlah benih bayam di ruang sejuk sampai Anda siap untuk menanamnya.
Peralatan yang dibutuhkan:
- Gunting
- Koran
- Mangkuk
- Sarung tangan
- Botol
- Pena
- Label/kertas

Tip
Saat penanaman untuk dijadikan benih, Anda bisa memanen daun bayam terbawah sambil menunggu produksi benih. Daun-daun ini tidak mempengaruhi benih, jadi Anda bisa terus menikmati tanaman bayam Anda.

Peringatan
Tanaman bayam mudah sekali cross-pollinate (penyerbukan silang). Jadi diusahakan tanamlah hanya satu varietas di kebun Anda jika Anda berencana untuk pembenihan bayam, jika tidak, Anda mungkin mendapatkan bibit yang tidak bisa hidup atau bermutasi dari persilangan.

Lindungi benih dari hewan pengerat dan hama lainnya selama penyimpanan. Simpan di dalam atau tempatkan benih di toples jika banyak hama di area penyimpanan Anda.

Demikian adalah cara menyiapkan benih bayam dari tanamannya, semoga bermanfaat.
Tag: Benih Bayam, Ambil Benih Bayam, Nanam Bayam, Tanam Bayam, Benih Bayam, Ambil Bibit Bayam, Petani Bayam

Post a Comment for "Cara Simpel Mengambil - Membuat Benih Bayam"