Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kawin Suntik Kenari



Para kicau mania khususnya para penangkar burung  mungkin akan kecewa ketika burung yang diternak masih belum maksimal dalam berproduksi. Beberapa masalah pada burung saat diternak kadang bisa menyebabkan kurang maksimalnya burung dalam menghasilkan anakan.
Beberapa masalah pada burung  yang susah untuk kawin biasanya ketidak percayaan diri pada burung, perbadaan  fisik burung (beda ukuran, beda warna dll), kurang minat atau ketidakcocokan satu sama lain, asupan Nutrisi burung yang kurang baik, perbedaan usia burung, kondisi perawatan burung dll.

Maka Jika burung susah bereproduksi, inseminasi/kawin suntik buatan mungkin salah satu cara untuk memaksimalkan produksi penangkaran burung.
Kawin suntik relatif sederhana dan bisa digunakan untuk berbagai jenis burung, namun hal ini membutuhkan latihan dan peralatan yang tepat.

Inseminasi buatan  ini lebih merupakan seni daripada ilmu pengetahuan.

Tahap-tahap dalam melakukan kawin suntik juga tidak terlalu rumit, namun untuk keberhasilan akan tergantung pada kesabaran dan keterampilan para penangkar.

Cara Kawin Suntik Pada Kenari
 
1. Pen kenari jantan diurut/dipijat halus sampai nantinya akan mengeluarkan sedikit lendir dari pen kenari jantan tersebut.
2. Setelah keluar lendir, pipa kapiler dimasukan ke pen kenari jantan sedalam kurang lebih 0,5 cm dan dengan sendirinya sperma kenari jantan akan masuk ke pipa kapiler, karena pipa ini punya daya serap.
3. Setelah sperma jantan masuk ke pipa kapiler, lalu pipa dimasukan kedalam pen betina yang sudah birahi dan siap bertelur.
4. Pipa dimasukan ke pen betina kira-kira 0,5 cm dan tiuplah pipa sampai sperma keluar didalam pen betina, setelah itu pipa kapiler harus cepat-cepat dicabut kembali supaya sperma tidak masuk kembali ke dalam pipa.


Penting  :

  • Burung jantan dan betina harus sudah siap, terutama yang betina karena akan sia-sia jika sperma jantan sudah masuk ke pen betina, tapi betina belum mau bertelur. (seminggu setelah burung bunderi/membuat sarang kawin suntik sudah bisa mulai dilakukan).
  • Pada poin no. 1 di atas : PENTING Pen jantan di elus/diurut  ±3 menit Supaya sperma benar-benar sudah keluar, saat memasukan pipa harus hati2 jangan terlalu dalam karena akan melukai pen burung dan yang keluar nanti malah darah bukan sperma.
  • Supaya Kenari betina cepat birahi dan cepat bertelur, sepasang kenari harus tetap di jodohkan dalam sangkar berbeda namun berdekatan dan sibetina supaya membuat sarang.
  • Jika burung mulai bertelur Lakukan langkah 1-4 diatas sampai telur teakhir keluar atau selama 3/4 hari berturut-turut (sekitar pukul 17:00-19:00) 


Poses ini perlu waktu untuk membuat anda menjadi mahir, karena ini akan mudah sekali dilakukan jika anda sudah mahir. Pada tahap awal biasanya para inseminator masih kaku dalam melakukan proses inseminasi namun jika sudah mahir, ini akan terasa mudah sekali. Ingat ini merupakan seni dari ilmu pengetahuan terutama dibidang penangkaran burung.

Semoga Sukses Gan...

5 comments for "Cara Kawin Suntik Kenari"

  1. Berapaan Pipa Kapiler'a yak?

    ReplyDelete
  2. Sudah dilajukan tapibtelur masih infertil...

    ReplyDelete
  3. Sudah dilajukan tapibtelur masih infertil...

    ReplyDelete
  4. Saya mau beli pipa kapilernya,

    ReplyDelete
  5. Sudah dilakukan semua tahapannya. Tp telurnya masih kosong. Kira2 salahnya dimana ya

    ReplyDelete