Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Simpel Mengambil - Membuat Benih Selada

Selada adalah sayuran yang paling cocok di iklim dingin maupun tropis seperti di Indonesia. Biasanya ditanam di musim semi, tetapi juga bisa berhasil ditanam dimusim gugur. Memproduksi bijinya sendiri merupakan cara yang murah untuk bisa menanam selada setiap saat.
Saat penanaman untuk dijadikan benih, Anda bisa memanen daun terluar dari tanaman selada tersebut. Biarkan saja daun bagian dalamnya sehingga tanaman terus tumbuh.

Berikut Mengambil / Membuat Benih Selada
1. Periksa tanaman setiap hari biasanya akan ada tanda-tanda (called bolting) atau ketika tanaman selada memunculkan tangkai bunga tinggi dari pusat daun.

2. Setelah bunganya layu dan tangkainya berwarna coklat (matang), maka potonglah tangkai bunga dengan pisau tajam. Batang bunga yang matang memiliki bola bulu putih di bagian atas, mirip dengan dandelion.

3. Memetik bulu/kuncup yang sudah berwarna coklat dari bagian atas tangkai bunga. Gosokkan kuncup di antara jari telunjuk dan ibu jari Anda sehingga biji terpisah dari kuncup. Gunakan mangkuk agar biji jatuh ke dalam mangkuk dan tidak teresebar.

4. Tempatkan biji diplastik atau di toples, beri tanda tulisan dengan jenis selada dan tanggal, bulan & tahun pemanenan. Simpan di tempat yang sejuk dan kering sampai Anda siap untuk menanam kembali.

Hal yang Anda Butuhkan
- Pisau
- Mangkuk
- Plastik klip
- Kertas/Balpoint

Tips
Masukan benih ke dalam botol tertutup atau dalam plastik klip dan disimpan tempat yang sejuk dan kering. Biji selada tetap layak ditanam sampai tiga tahun atau lebih, meskipun biji ini memiliki tingkat perkecambahan terbaik pada tahun pertama setelah panen.

PERINGATAN
Saat melakukan pengambilan biji selada bawalah tangkai bunga ke dalam ruangan yang tidak begitu besar anginnya, karena angin yang terlalu besar akan menyebarkan biji.

#selada #Bibit #benih #Tanam #Panen


Post a Comment for "Cara Simpel Mengambil - Membuat Benih Selada"